Data Satelit Menunjukkan Bahwa Penipisan Es di Antartika Sangat Cepat

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Data Satelit Menunjukkan Bahwa Penipisan Es di Antartika Sangat Cepat

@FauziTMG
Lapisan es di Antartika menipis dengan kecepatan yang ditunjukkan oleh informasi satelit, memicu peringatan buruk dari para ahli.


Antartika kehilangan es dengan sangat cepat, menurut informasi satelit baru. Gletser sekarang meluncur ke laut karena pemanasan global berdapmak pada mencairnya es di kutub selatan kini lima kali lebih cepat daripada di tahun 1990-an.

Lapisan es Antartika Barat beberapa dekade yang lalu stabil, tetapi bukti terbaru menunjukkan bahwa hingga seperempatnya sekarang menipis. bahkan di lokasi-lokasi yang paling parah, lebih dari 100 meter ketebalan es telah hilang. Dampak mencairnya lapisan es Antartika Barat akan mengakibatkan permukaan laut global naik sekitar lima meter.

Jika terus berlanjut, jumlah kenaikan permukaan laut ini akan menenggelamkan kota-kota pesisir di seluruh dunia.

Para ilmuwan berpikir permukaan laut sekarang naik pada ujung ekstrem. Hal ini terjadi secara bertahap hanya beberapa tahun yang lalu, dan hilangnya es saat ini dikatakan berlipat dua setiap dekade.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Geophysical Research Letters. Para ilmuwan menggunakan gambar satelit untuk membandingkan ukuran lapisan es dari tahun 1992 hingga 2017 dengan informasi cuaca.

Profesor Andy Shepherd, yang memimpin penelitian ini, mengatakan: “Dari awal berdiri pada 1990-an, penipisan telah menyebar ke daratan secara progresif selama 25 tahun terakhir - yang cepat dalam hal glasiologis.

"Kecepatan menggambar es dari lapisan es yang dulu sering dibicarakan dalam rentang waktu geologis, tetapi sekarang telah digantikan oleh masa hidup manusia."

Prof Shepherd juga menekankan beberapa gletser, seperti Pulau Gletser Pine dan Thwaites, melewati titik setengah lebur.

Pekerjaan baru ini akan membantu para peneliti untuk menentukan dengan lebih akurat di mana permukaan laut akan naik sehingga persiapan yang tepat dapat dilakukan untuk mencoba dan menyelamatkan daerah yang terkena dampak.

Prof Shepherd menambahkan: "Di beberapa bagian Antartika, lapisan es telah menipis dalam jumlah yang luar biasa."

Dia sekarang berpikir pencairan Antartika Barat telah menyebabkan kenaikan permukaan laut 5mm sejak 1992.

Dia menyimpulkan: "Sebelum kita melakukan pengukuran satelit yang berguna dari luar angkasa, sebagian besar ahli glasiologi berpikir bahwa lapisan es kutub cukup terisolasi dari perubahan iklim dan sama sekali tidak berubah dengan cepat.

"Sekarang kita tahu itu tidak benar."

Dalam berita lain, sebuah penelitian menemukan lapisan es terbesar di dunia mencair 10 kali lebih cepat dari yang diperkirakan.