Lisensi Android Huawei ditarik oleh Google, Imbas Kebijakan AS

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Lisensi Android Huawei ditarik oleh Google, Imbas Kebijakan AS

Menyusul kebijakan keras AS terhadap perusahaan teknologi asal Cina, Google telah memutus lisensi Android bagi perusahaan smartphone asal Cina, Huawei. memberikan pukulan besar bagi Huawei sebagai salah satu pembuat smartphone yang cukup laris di pasaran ini.

Seperti yang di beritakan oleh Reuters.
Saat diminta untuk berkomentar, seorang juru bicara Google hanya mengatakan bahwa"Kami mematuhi pesanan dan meninjau implikasinya." Pesanan, dalam hal ini, tampaknya merupakan keputusan Kamar Dagang AS baru-baru ini untuk menempatkan Huawei pada "Daftar Entitas," yang seperti yang dilaporkan Reuters adalah daftar perusahaan yang tidak dapat membeli teknologi dari perusahaan AS tanpa persetujuan pemerintah.

Huawei sekarang dibatasi untuk menggunakan Proyek Sumber Terbuka Android (AOSP), memotong perusahaan dari aplikasi dan layanan Google penting yang diharapkan konsumen di luar China pada perangkat Android. Itu juga berarti Huawei hanya akan dapat mendorong pembaruan keamanan untuk Android begitu mereka tersedia di AOSP, dengan asumsi perusahaan menggunakan sistem pembaruannya sendiri. Belum jelas bagaimana hal ini akan memengaruhi berbagai integrasi Android yang menjadi sandaran Huawei, terkait dengan dampak keputusan Google.

Huawei berada di bawah tekanan yang meningkat dari Presiden Trump dan pemerintah AS atas kekhawatiran bahwa peralatannya dapat digunakan oleh pemerintah Cina untuk memata-matai jaringan Amerika. Sebenarnya hal ini telah lama dibangun; Pada tahun 2018, agen-agen intelijen AS memperingatkan agar tidak menggunakan perangkat Huawei dan ZTE, bahkan para politisi AS menggambarkan Huawei sebagai "tangan pemerintah China yang efektif."

Kendati demikian, Huawei menyatakan bahwa tidak mungkin bagi pemerintah China untuk meracuni peralatannya dengan backdoors, dan tetap optimis tentang masa depan bisnisnya. Tetapi informasi terbaru dari Google ini menimbulkan risiko besar bagi masa depan bisnis seluler Huawei. Perusahaan itu sudah menyiapkan sistem operasinya sendiri jika dilarang menggunakan Android dan Windows, tetapi mengingat kekhawatiran AS tentang campur tangan asing, OS yang ditanamkan nantinya kemungkinan akan menghadapi lebih banyak pengawasan daripada perangkat lunak Google.